Unbreakable

08:22
"Hal paling mengerikan adalah ketika kita tidak tahu posisi kita dalam kehidupan ini. Sangat tersiksa rasanya," begitu ujar Elijah Price alias Mr. Glass di akhir film Unbreakable.


Film: Unbreakable
Sosok Elijah Price (Samuel L. Jackson) ini memerankan tokoh yang memiliki kelainan genetis pada rangka tubuhnya; osteogenesis imperfecta. Kesenggol dikit, langsung patah. Sudah puluhan kali belulangnya patah, retak, atau malah remuk. Sebab itulah ia dijuluki "Mr. Glass" (Si Kaca) sangkin rapuhnya.

Di lain tempat, ada pria bernama David Dunn (Bruce Willis). Ia satu-satunya penumpang yang selamat dari kecelakaan kereta api fatal yang menewaskan ratusan orang, tanpa luka tanpa cedera. Setelah diingat-ingat, ternyata David tak pernah sakit atau terluka selama hidupnya dan selalu selamat dalam tiap kecelakaan. Kayaknya Bruce Willis ini memang aktor spesialis tokoh yang susah mati (Die Hard).

Nah, mengetahui kabar ini, Mr. Glass mengundang David ke galeri komik miliknya. Pria rapuh ini meyakinkan David akan keistimewaan yang dimilikinya dan meyakinkannya untuk menolong umat manusia sebagai 'superhero'. David jelas mengabaikannya, ia lebih memilih fokus untuk memperbaiki hubungan dengan istri dan anaknya yang sempat canggung.

Satu lagi keistimewaan David, ia mampu melihat dosa atau tindak kriminal yang dilakukan seseorang setelah menyentuh orang tersebut. Sebagai seorang satpam stadion, ia menganggap hal ini hanya sebagai insting sekuriti. Namun setelah bertemu Mr. Glass, ia menyadari bahwa hal ini adalah anugerah yang harus dimanfaatkan demi kemanusiaan. Maka diapun mulai menolong orang dengan kemampuannya itu.

Dahulu, setiap pagi David selalu merasa sedih ketika bangun tidur, entah kenapa. Namun sejak mau menolong orang melalui kemampuannya, kesedihan itu secara ajaib menghilang. Lubang di hatinya terasa lengkap. Maka ia pun memutuskan untuk berteman dengan Mr. Glass.

Saat dua orang ini bertemu di scene akhir, keduanya berjabat tangan. Inilah pertama kali mereka bersentuhan, lalu nampaklah segala kriminalitas cerdas yang telah diperbuat Mr. Glass dalam vision David. Semua kecelakaan transportasi besar, kebakaran gedung-gedung besar, dan berbagai ledakan bom yang disangka polisi sebagai 'bencana alam', ternyata dirancang oleh Mr. Glass.

Selama ini, Mr. Glass mengorbankan begitu banyak nyawa hanya dengan satu tujuan; menemukan orang yang selamat tanpa luka. Pada akhirnya ia puas telah menemukan orang yang telah lama ia cari, yakni David. Tentu David syok bukan main, ia limbung dan hampir tak percaya. Mr. Glass tersenyum puas, David marah dan kecewa. Kedua tokoh yang baru saja berteman ini langsung menjadi musuh seketika.

Ini film yang bagus buat ditonton. Tapi kalau dipikir, orang sakti semacam David Dunn ini banyak berkeliaran di Tanah Air, tentu dengan kemampuan dan ruang lingkup yang berbeda. Dan mungkin saja mereka melakukan perannya masing-masing sebagai hero di masyarakat, tanpa popularitas maupun pengakuan.

Mereka orang yang berhasil menemukan perannya dalam kehidupan dunia yang begitu singkat. Dan terkadang butuh banyak sekali pengorbanan untuk sampai pada level memahami diri sendiri.

Nah, lalu bagaimana denganmu?


~
Krapyak, 5 Januari 2015

No comments:

Powered by Blogger.